4 Tips Mengatasi Ruam pada Kulit Bayi Akibat Pemakaian Popok

Tips Mengatasi Ruam pada Kulit Bayi Akibat Pemakaian Popok

Ruam pada bayi terjadi akibat udara lembab dan hangat saat memakai popok. Pemilihan popok yang tepat juga berpengaruh terjadinya ruam pada kulit bayi. Anda bisa membeli popok sweety di Orami yang juga jual Sweety sebagai produk unggulan. Berikut ini beberapa tips untuk mengatasi ruam pada bayi.

  1. Pastikan Kulit Bayi Kering dan Bersih sebelum Pakai Popok

Seperti yang dijelaskan sebelumnya, ruam terjadi karena kulit bayi hangat dan lembab. Kelembaban ini bisa diakibatkan keringat atau cuaca panas.

Karenanya, Anda perlu mengecek secara berkala popok bayi dan memastikannya selalu kering dan bersih. Sebelum memakai popok, Anda juga harus memperhatikan kebersihan kulit bayi, jangan mengeringkan kulit bayi menggunakan tisu basah karena akan menyebabkan lembab.

Sebaiknya keringkan pantat bayi dengan kain bersih. Selain itu, jangan sampai memakai popok terlalu ketat karena bisa menyebabkan ruam. Jika perlu, Anda bisa melepas popok bayi untuk beberapa waktu agar kulit bisa bernapas.

  1. Rajin mengganti popok

Ruam juga bisa terjadi karena pemakaian popok yang terlalu lama dan kotor. Hal ini selain bikin kulit bayi ruam bisa juga menyebabkan iritasi kulit. Karenanya, jika bayi buang air kecil maupun besar harus segera diganti dan dibersihkan agar ruam tidak semakin parah.

Apabila Anda menggunakan popok kain, jangan lupa mencuci popok hingga bersih dan terbebas dari deterjen maupun sabun karena bisa menyebabkan iritasi. Namun, jika Anda menggunakan popok sekali pakai, pilihlah popok berdaya serap tinggi agar pantat bayi tidak lembab dan memicu ruam.

  1. Ukuran Popok

Pastikan bayi Anda mengenakan popok yang sesuai dengan ukurannya. Sebab, popok yang terlalu ketat akan menyebabkan ruam dan iritasi, sedangkan popok yang kebesaran akan mudah bocor dan tidak nyaman saat dikenakan.

Pastikan Anda membeli popok sesuai ukuran dan usia bayi. Jika bingung, tak perlu khawatir karena ukuran dan usia bayi biasa tertera di depan bingkisan popok.

  1. Memakai Krim Khusus Bayi

Selain mempraktikan ketiga tips di atas, Anda juga bisa mengoleskan krim khusu untuk bayi yang mampu melindungi area kulit khususnya lipatan-lipatan yang rawan ruam. Selain itu, krim khusus bayi ini juga bisa mengatasi kulit kering, iritasi dan melembutkan kulit bayi.

Oleskan krim ini pada bagian pantat yang akan dipakaikan popok. Namun, pastikan krim bayi memiliki kandungan zinc oxide atau petrolatum yang aman untuk bayi. Hindari produk-produk yang mengandung steroid agar tidak menimbulkan alergi pada kulit bayi.

Untuk produk popok yang aman dan berkualitas, Anda bisa menggunakan popok Sweety. Selain sudah teruji manfaat dan efektifitasnya untuk bayi, popok Sweety juga mengandung bahan-bahan yang aman bagi kulit. Selain itu, di Orami juga jual Sweety dengan potongan harga hingga 25%.