Ini Dia Cara Buat Kopi Latte Anti Ribet di Rumah

Ini Dia Cara Buat Kopi Latte Anti Ribet di Rumah

Bagi Anda pecinta minuman kopi, pasti tidak asing lagi dengan minuman kopi latte bukan? Anda pasti bolak-balik ke cafe hanya karena ingin minum minuman kopi tersebut. Nah, daripada harus pulang pergi dan memesannya, bagaimana kalau Anda buat kopi latte di rumah saja? Pasti lebih cepat dan praktis. Berikut ini informasi lengkapnya.

Siapkan Bahan

● Biji atau Serbuk Kopi

Apabila Anda membuat kopi latte, Anda harus menyiapkan bahan dasarnya yaitu biji kopi atau bisa juga serbuk kopi yang sudah jadi. Pastikan Anda memilih biji atau serbuk yang masih segar. Hal ini dikarenakan biji atau serbuk kopi yang masih segar, memiliki aroma dan rasa yang nikmat. Jenisnya pun terserah Anda, mau yang jenis arabika boleh atau jenis robusta juga bisa.

● Air Panas

Siapkan juga air panas dengan suhu mencapai 89 sampai 96o. Pada dasarnya Anda harus membutuhkan air panas. Jika Anda memasak air panas, usahakan sampai mendidih dan memperkirakan suhunya bisa menggunakan termometer atau alat lain.

● Susu Rendah Lemak

Sediakan juga susu rendah lemak merek apapun terserah Anda. Susu ini nantinya dijadikan sebagai bahan tambahan dan juga bisa digunakan sebagai pemanis atau art pada kopi. Selain itu, susu ini juga bisa digunakan sebagai buih atau foam jika Anda menginginkan ada foam di atas hasil akhir kopi Anda.

Siapkan Alat

● Grinder

Alat ini digunakan untuk menggiling biji kopi agar menjadi serbuk kopi yang harum jika Anda memiliki biji kopi di rumah. Ada berbagai macam alat yang bisa Anda gunakan untuk membuat serbuk kopi. Ada yang jenisnya manual, ada juga yang jenisnya otomatis. Kinerja dari grinder manual pastilah membutuhkan tenaga tangan untuk memutar tuas penggiling. Sedangkan grinder otomatis memerlukan daya listrik untuk menggiling biji kopi.

● V60

Apabila Anda memiliki serbuk kopi, Anda bisa menggunakan alat V60 yang digunakan untuk menyeduh serbuk kopi. Jika Anda memilih alat ini, Anda membutuhkan alat tambahan lainnya. Yaitu kertas penyaring atau penyaring bahan lainnya. Selain itu sediakan juga wadah penadah dan cerek yang digunakan untuk menuangkan air panas di atas kopi. Pasalnya, cara kinerja penyeduhan kopi menggunakan alat ini adalah menunggu ekstrak kopi menetes sedikit demi sedikit.

● Chemex

Tidak jauh beda dengan alat V60. Jika Anda memilih menggunakan chemex untuk menyeduh kopi, Anda harus menyediakan kertas penyaring yang berisi kopi dan juga cerek untuk menuangkan air panas. Dengan begitu Anda bisa menggunakan metode pour over yang dilakukan secara merata dan perlahan untuk menghasilkan ekstrak kopi.

Buat Buih Susu atau Foam

Selagi menunggu mendapatkan ekstrak kopi, Anda bisa menyiapkan buih susu atau foam. Jika Anda tidak terlalu menyukai adanya foam, Anda bisa melewati cara ini. Apabila Anda menginginkannya tapi hanya sedikit, Anda bisa menyesuaikan cara ini dengan selera Anda. Proses untuk mendapatkan foam, Anda bisa menggunakan toples atau wadah lain berisi susu yang dipanaskan di microwave. Sedangkan untuk mengambilnya, gunakan saja sendok.

Buat Kopi Latte

Apabila Anda sudah mendapatkan ekstrak dari serbuk kopi, saatnya Anda membuat kopi latte. Terlebih dahulu siapkan gelas Anda. Apabila sudah, tuang hasil ekstrak kopi ke dalam gelas tersebut. Berikutnya, masukkan susu dan buih susu yang telah dibuat sebelumnya secara perlahan-lahan. Saat proses ini, Anda juga bisa mengkreasikan gambar-gambar sebagai pemanis atau art.

Usahakan untuk tidak menuang susu terlalu penuh agar kopi Anda tidak tumpah. Kopi latte hasil buatan Anda sendiri pun siap untuk disajikan. Sebagai pemanis, Anda bisa menambahkan bentuk gambar lain. Bisa juga menggunakan serbuk kopi jika Anda tidak menggunakan art.

Demikianlah cara buat kopi latte yang sederhana dan cepat yang bisa Anda lakukan di rumah. Anda pun akhirnya mempunyai pengalaman layaknya barista di cafe tempat Anda minum kopi latte. Anda pun bisa menikmati kopi latte ala buatan sendiri.