Inilah Perkembangan Janin 4 Bulan yang Wajib Diketahui

Inilah Perkembangan Janin 4 Bulan yang Wajib Diketahui

Ketika masa kehamilan sudah masuk ke minggu 17 atau sekitar 4 bulan, pergerakan janin sudah mulai terasa. Mungkin bentuk wajah dari janin juga sudah samar-samar terlihat dengan USG 4 dimensi. Perkembangan janin 4 bulan juga bervariasi, mulai dari munculnya organ-organ penting dan sebagainya. Untuk lebih jelasnya, Anda bisa memperhatikan uraian di bawah ini.

Perkembangan Janin di Usia 17 Minggu

Ketika memasuki usia 17 minggu, tubuh janin akan semakin besar mengikuti ukuran kepala hingga bentuknya akan lebih proporsional. Selain itu, wajah dari janin mulai terlihat seperti manusia dengan adanya pertumbuhan bulu mata dan alis. Ciri-ciri lain di fase ini adalah bola mata sudah bisa bergerak, mulut sudah bisa membuka-tutup, jari-jari mulai terbentuk, dan janin bisa merespons bunyi dari luar.

Perkembangan Janin di Usia 18 Minggu

Di usianya yang ke 18 minggu, pembuluh darah pada janin sudah mulai nampak ada di permukaan kulit. Telinga janin juga sudah mulai terbentuk walaupun masih belum sempurna. Pada fase ini, jenis kelamin dari janin sudah bisa dikenali. Bagi ibu hamil, mulai dari fase ini hingga memasuki minggu ke-20, ia akan lebih sering merasakan gerak-gerik janin dengan jelas.

Perkembangan Janin di Usia 19 minggu

Pada usia janin yang ke-19 minggu, janin sudah bisa menelan cairan ketuban. Ginjalnya juga sudah mulai bisa memproduksi urin. Di bagian kepala, rambut sudah mulai tumbuh. Selain itu, beberapa sistem saraf seperti untuk merasa, mencium, mendengar, menyentuh, dan melihat sudah mulai terbentuk di bagian otak.

Perkembangan Janin di Usia 20 Minggu

Di usia janin yang ke-20 minggu ini tubuh janin akan mulai dilindungi oleh lapisan lemak yang disebut vernix caseosa. Lapisan ini berfungsi untuk melindungi kulit janin yang lama berada di cairan ketuban. Tubuh janin akan menyerap air di dalam cairan ketuban.

Perubahan yang Terjadi pada Ibu

Normalnya, mulai dari minggu ke-17, ibu hamil sudah bisa merasakan pergerakan dari janin. Perut ibu yang terus mengembang akan membuat beberapa organ tubuh seperti usus bergeser posisinya. Untuk itu, tubuh harus menyesuaikan postur.

Adanya efek rahim yang mulai mengembang akan menyebabkan beberapa area kulit di perut mengalami peregangan dan juga hiperpigmentasi. Ini mengakibatkan munculnya garis-garis hitam di bagian bawah perut. Selain itu, rambut rontok yang merupakan hal wajar ketika masa kehamilan sudah mulai mereda sehingga rambut ibu akan kembali seperti sebelumnya.

Itulah tadi proses perkembangan janin mulai dari usia 4 bulan. Pengetahuan ini harus dipahami oleh calon orang tua agar bisa melakukan penyesuaian secepatnya. Dengan begitu, janin akan selalu sehat dan aman serta terhindar dari risiko-risiko yang tidak diinginkan.