Perkembangan Bayi 3 Bulan

Perkembangan Bayi 3 Bulan

Dalam 28 hari pertama setelah lahir, bayi memiliki resiko tinggi untuk bertahan hidup. Sehingga anda harus membantu pertumbuhan dan kebutuhan bayi dengan baik. entah itu dalam asupan nutrisi dari asi dan juga kasih sayang orang tuanya. Setelah mencapai usia 3 bulan, sudah bisa disebut sebagai bayi. Dan di fase ini sudah memiliki perkembangan yang lebih baik lagi. bahkan anda sudah jarang melihat dia terbangun di malam hari. pada kesempatan kali ini, kita akan membahas tentang perkembangan bayi 3 bulan dilihat dari fisiknya.

Kekuatan Bagian Tubuh Atas

Di usia ini, bayi anda memiliki kekuatan tubuh yang lebih bagus, bagian otot lehernya sudah semakin kuat.saat melakukan tummy time atau tengkurap, dia mampu mengangkat kepala dan dadanya. Atau melakukan mini push up. Rangsangan ini bisa membantunya untuk tengkurap atau berguling sendiri. oleh karena itu, lakukan tummy time setiap harinya. Ajak dia bermain dan melakukan hal seru lainnya

Kekuatan Bagian Tubuh Bawah

Tubuh bagian bawahnya juga semakin kuat. Tendangannya akan semakin kuat dan dia suka menggerakan kedua kakinya. Bayi juga sering mengangkat kakinya ke atas dan mencoba untuk meraihnya. Anda bisa melihatnya saat posisi tengkurap. Kakinya sudah semakin kuat dibandingkan usia sebelumnya.

Kekuatan Mengendalikan Leher

Perkembangan bayi 3 bulan mampu mengendalikan kekuatan lehernya. Kekuatan lehernya akan semakin kuat. Saat di gedong, lehernya mampu tegak dan tidak goyah. Dia juga mampu mengendalikan lehernya dengan baik.

Koordinasi Bagian Tangan dan Mata

Jika dilihat lebih teliti, koordinasi bagian tangan dan matanya pun semakin bagus. Awalnya dia hanya bisa mengepalkan tanggannya. Tapi sekarang sudah bisa mengepalkan dan membuka tangganya. Bahkan dia sudah bisa menyatukan kedua tangannya. Dia mulai tertarik dengan mainan yang berwarna cerah dan mencoba untuk meraih dengan tangganya sendiri. berikan mainan yang berwarna kontras dan biarkan dia memegangnya sendiri

Mulai Memasukkan Tangan ke Mulut

Tidak perlu khawatir saat bayi mulai memasukkan tangannya ke mulut.anda tidak perlu menariknya. Biarkan dia melakukan kegiatan tersebut. karena ini akan membantu perkembangan dirinya. Yang penting selalu jaga kebersihan tangan bayi anda. anda juga bisa memberikan gigitan bayi yang aman, supaya tidak memasukkan tangannya ke mulut terus menerus.

Kemampuan Berguling

Memang tidak semua bayi mampu berguling di usia 3 bulan. ada beberapa bayi yang sudah bisa memiliki kemampuan ini dan ada yang belum. Jika usia bayi anda masih dibawah 6 bulan, berarti masih normal. Kecuali anak anda berusia 7bulan dan belum berguling, anda harus waspada. Anda bisa mulai melakukan tummy time saat bayi baru lahir. Tidak perlu lama, cukup 1-5 menit saja. nanti akan bertambah sesuai usianya.

Perkembangan bayi 3 bulan diatas hanya dijadikan patokan. Tapi tidak semua bayi bisa melakukan kemampuan tersebut.