Tips Menyajikan Makanan Gizi Seimbang di Rumah

Tips Menyajikan Makanan Gizi Seimbang di Rumah

Kesehatan tubuh sangat dipengaruhi oleh makanan yang kita konsumsi. Pola makan memegang peran penting baik bagi tubuh anak-anak maupun orang dewasa. Penting sekali untuk memastikan makanan yang dikonsumsi memiliki gizi yang seimbang. Berikut ada beberapa tips menyajikan makanan gizi seimbang di rumah.

  1. Pahami Kebutuhan Kalori

Makan tidak asal makan tetapi harus mempertimbangkan jumlah kalori yang masuk ke dalam tubuh. Kalori tersebut harus bisa memenuhi kebutuhan tubuh kita sehari-hari. Jika jumlah kalori yang dikonsumsi sesuai dengan kebutuhan maka tubuh kita bisa melakukan aktivitas sehari-hari dengan lancar.

Setiap orang memiliki kebutuhan kalori yang berbeda-beda. Jumlah kalori yang dibutuhkan sangat dipengaruhi oleh usia, status kesehatan, dan aktivitas. Rata-rata wanita dewasa akan membutuhkan 1.600-2.400 kkal dan pria dewasa membutuhkan 2.000-3.000 kkal.

  1. Lengkapi Komponen Gizi

Jangan sembarangan makan asal kenyang namun makanlah makanan yang mengandung gizi lengkap. Dalam satu porsi makan Anda harus mengonsumsi protein, karbohidrat, lemak, serta mikronutrien lain seperti vitamin dan mineral.

Semua komponen gizi tersebut harus ada di setiap makanan yang Anda konsumsi. Perlu diketahui bahwa setiap komponen gizi memiliki peran penting bagi kesehatan tubuh. Apalagi bagi anak-anak yang ada di masa pertumbuhan, sangatlah penting melengkapi semua komponen gizi yang dibutuhkan.

  1. Jangan Lupakan Buah dan Sayur

Sangat penting bagi Anda untuk memastikan tubuh mengonsumsi cukup buah dan sayur setiap hari. Anda dan anggota keluarga di rumah harus selalu makan buah dan sayur demi memenuhi kebutuhan serat. Selain itu buah dan sayur menjadi sumber vitamin yang tentu sangat bermanfaat bagi tubuh.

Biasanya anak-anak sulit sekali dibiasakan untuk makan buah dan sayur. Orang tua perlu mencari cara agar mereka tetap bisa makan sayur dan buah setiap hari. Salah satu caranya adalah dengan membuat beragam jenis kreasi sayur dan buah yang menarik bagi si kecil.

  1. Variasikan Jenis Karbohidrat

Tidak hanya nasi putih, ada banyak jenis bahan makanan yang bisa menjadi sumber karbohidrat bagi tubuh Anda. Anda bisa memilih nasi merah, jagung, ubi, dan lain sebagainya. Variasikan jenis karbohidrat yang Anda konsumsi bersama keluarga agar tidak terasa bosan.

  1. Batasi Lemak, Gula, dan Garam

Setiap jenis bahan makanan memiliki kandungan yang bisa bermanfaat bagi tubuh, namun harus dikendalikan porsinya. Tiga contoh komponen makanan yang perlu dibatasi konsumsinya adalah lemak, gula, dan garam. Tubuh kita memang membutuhkan tiga komponen ini, namun dalam jumlah yang terkontrol.

Lemak yang berlebih tentu tidak baik bagi tubuh karena bisa menyebabkan obesitas. Sementara itu gula juga harus dikendalikan jumlahnya agar tidak memicu diabates. Sedangkan garam jika dikonsumsi berlebihan bisa menimbulkan tekanan darah tinggi dan gangguan kesehatan yang lain.

  1. Baca Label Makanan Kemasan

Jika ingin mengonsumsi makanan kemasan, penting sekali untuk membaca label dengan cermat. Pastikan Anda membaca komposisi, kandungan gizi, serta tanggal kedaluwarsa. Hal ini dilakukan untuk memastikan bahwa makanan tersebut aman untuk dikonsumsi.

Pilih jenis makanan kemasan yang berkualitas dan sudah terbukti aman. Jika memang perlu diolah kembali, perhatikan cara pengolahan yang tepat agar makanan aman untuk dikonsumsi.

Itulah tadi beberapa tips menyajikan makanan gizi seimbang di rumah. Jika perlu, Anda bisa membuat jadwal menu makanan dengan memperhatikan komponen gizi yang terlibat. Berikan usaha terbaik agar Anda bisa memenuhi kebutuhan gizi diri sendiri dan semua anggota keluarga di rumah.